Warga Binaan yang Bawa 50 Gram Heroin ke Lapas Dihukum Seumur Hidup

Tertunduk, kopral warga binaan yang kedapatan bawa heroin ke dalam lapas dihukum seumur hidup.(ger)

Kota Tangerang – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tangerang menjatuhi hukuman seumur hidup kepada Imam F alias kopral warga binaan yang kedapatan membawa 50 gram heroin ke Kapas Kelas I Tangerang usai menjalani persidangan beberapa waktu lalu.

Hukaman tersebut lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan Jaksa Penuntum Umum (JPU) yang meminta kopral dijatuhi hukuman mati.

“Menyatakan bahwa yang bersangkutan dihukum seumur hidup,” kata Hakim Ketua I Ketut Sudira membacakan putusannya, Rabu (10/4/2019).

“Kami akan pikir-pikir beberapa hari untuk mengambil sikap. Hal ini pun sama dengan yang diambil oleh penasihat hukum terdakwa,” kata Aka Kurniawan.

Hakim memutuskan menghukum kopral lebih rendah dari tuntutan JPU lantaran kopral bukanlah pelaku utama. Selain itu, kopral juga tidak dapat dikenakan oleh teori pembalasan.

“Untuk pelaku utama saat ini masih dalam proses persidangan dan secepatnya akan diproses,” tambahnya.

Sebelumnya, kopral ditangkap petugas karena mencoba membawa Heroin ke dalam lapas. Modus yang digunakannya adalah membungkus Heroin dengan kantong kardus yang dilem dan kemudian dimasukkan ke dalam kantong kresek bersamaan dengan pembersih lantai.(ger/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here