Organisasi Pecinta Alam Ajak Masyarakat di Lebak Jaga Kebersihan Lingkungan

Kegiatan bersih-bersih sampah organisasi pecinta alam di Balon Ranca Lentah. (Foto: Istimewa)

Kabupaten Lebak – Prihatin dengan masih maraknya pembuangan sampah di sembarang tempat, organisasi pecinta alam mengajak masyarakat di Kabupaten Lebak peduli terhadap kondisi kebersihan lingkungan.

Kepedulian organisasi lintas pecinta alam Palapa La Tansa Mashiro, Kompak, Mahapeka, Pacet Adventure, Pemuda Lebak Peduli, Memerang Adventure, Expecia, Apis Mellificia dan Sispala dengan kondisi tersebut dilakukan dengan aksi nyata dengan bersih-bersih sampah di Alun-alun Rangkasbitung dan Balong Ranca Lentah, Minggu (14/4/2019).

“Kami berteri makasih kepada Dinas Pariwisata, Dinas Kebersihan, Tagana dan organisasi lain yang turut membantu,” kata koordinator aksi dari Mahapeka, Zainal Muttaqin, Senin (15/4)

Sebenarnya kata Zainal, dalam kegiatan terbuka untuk umum tersebut, pihaknya mengharapkan dinas terkait yang memiliki sarana perahu untuk menyusuri Balong Ranca Lentah bisa membantu.

“Tetapi sayang BPBD tidak dapat memfasilitasi, padahal kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kita menjaga kebersihan dan mendorong sektor pariwisata,” katanya.

Dari kegiatan bersih-bersih tersebut, sampah yang paling banyak ditemukan di antaranya puntung rokok dan sampah plastik.

“Ini mengindikasikan bahwa wisatawan dan pedagang yang paling berkontribusi. Kami harap ini menjadi perhatian serius kita bersama untuk berkomitmen menjaga lingkungan,” tuturnya.(and)