Warga Minta Jalan Perimeter Selatan Bandara Soetta Dibuka

Pintu menuju Jalan Perimeter Selatan melalui Jalan Panjang yang dipadati kendaraan.(aul)

Kota Tangerang – Warga Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda, Kota Tangerang mendesak jalan Perimeter Selatan menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang melalui jalur M1 dibuka.

Pasalnya, akses satu-satunya menuju Bandara Soetta yakni melalui jalan sempit di wilayah Jalan Pajang-Jalan Halim Perdana Kusuma, Benda memiliki badan jalan sempit.

Hal itu menyebabkan kerap terjadi kemacetan panjang hingga membuat warga kesulitan saat akan keluar. Terlebih, setiap jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari.

Wakil Ketua RW 02 Kelurahan Pajang Supriyadi mengatakan, sejak ditutupnya jalan perimeter, banyak kecelakaan terjadi di jalan yang hanya dapat dilalui dua kendaraan roda dua jenis minibus tersebut.

“Sejak digunakan sebagai jalur ke bandara, jalan di sini jadi macet terutama di jam kerja pagi dan sore. Bahkan sering terjadi kecelakaan karena kendaraan dengan kecepatan tinggi,” ungkap Supriyadi, Selasa (16/4/2019).

Selain kepadatan lalu lintas, jalan di wilayah tersebut menjadi rusak lantaran tingginya volume kendaraan yang melintas.

“Jalan jadi berlubang, mungkin karena banyaknya kendaraan yang melintas, semua yang mau ke bandara lewat jalan sini semua karena lebih cepat,” ujarnya.

Warga berharap pihak terkait dapat segera membuka Jalan Perimeter Selatan seperti sediakala agar lalu lintas kembali normal.

“Agar kemacetan tak terjadi lagi di jalan ini, dan volume kendaraan yang melintas di jalan ini menjadi normal kembali,” ucapnya.

Senada dengan Supriyadi, keluhan yang sama disampaikan Guntara, warga Kelurahan Pajang yang jengah menyaksikan kemacetan di Jalan Halim Perdanakusuma, tepat di depan rumahnya. Kepadatan lalu lintas menyebabkan warga harus berhati-hati saat beraktivitas.

“Macet, setiap buka pintu lihat kemacetan panjang, saya juga jadi enggakbbisa kemana-mana bahkan untuk naik motor ke depan aja harus kejebak macet dulu, udah gitu sering terjadi kecelakaan juga di sini,” kesalnya.

Dia meminta PT. Angkasa Pura II dapat membuka jalan Perimeter Selatan agar kendaraan dari dan menuju Bandara Soetta tak melewati jalan Halim Perdanakusuma.

“Harus cepet-cepet diselesaikan agar mereka tak lagi lewat sini, karena sejak awal di sini bukan jalan utama ke Bandara,” tuturnya.

Pantauan di lokasi, volume kendaraan yang melintas di jalan Halim Perdanakusuma tampak padat. Diperparah dengan suasana di jam kerja sebab tak hanya penumpang bandara namun pekerja yang dari dan menuju bandara.

Jalan Kota seperti di Jalan Gelora depan Kelurahan Pajang juga menjadi sasaran melintas kendaraan baik roda dua dan roda empat yang akan menuju bandara. Akses jalan tersebut menembus ke jalan Pembangunan sehingga mempercepat jarak tempuh bagi pengendara. (aul/and)