14 Pasien Salurkan Hak Pilih, RSUD Balaraja Sebut Partisipasi Menurun

Proses pemungutan suara di RSUD Balaraja Tangerang. Empat belas pasien di rumah sakit tersebut meyalurkan hak pilihnya.(don)

Kabupaten Tangerang – Dari 125 pasien yang berada di RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang, hanya 14 pasien yang menyalurkan hak pilih pada Pemilu 2019.

“Tujuh (pasien) laki-laki dan 7 perempuan. Kemudian, perawat dab tenaga kesehatan lain yang memiliki A5 sebanyak 77 orang,” kata Dirut RSUD Balaraja, Reniarti Herdis.

Pemungutan suara oleh petugas dilakukan dengan cara mobile ke masing-masing pasien dengan membawa bilik dan surat suara.

Baca Juga: Surat Suara Tercoblos Paslon 01, Bawaslu Kota Tangerang Selidiki Dugaan Kelalaian KPU

Bagi tenaga kesehatan yang tidak memiliki A5 mencoblos di TPS asal. Rumah sakit memberi tenggang waktu bagi tenaga kesehatan yang ingin mencoblos di wilayah masing-masing.

“Untuk yang tidak memiliki A5 kami arahkan untuk mencoblos di tempat tinggal masing-masing, dalam hal ini shift pagi kami undur menjadi jam 09.00 WIB yang biasanya masuk jam 08.00 WIB,” terangnya.

Reni menilai, dibandingkan pemilihan sebelumnya, partisipasi pada Pemilu kali ini menurun.

“Minat dan antusias masih tinggi di tempatnya. Biasanya partisipasi bisa 90 persen hingga 100 persen sekarang hanya 79 persen saja,” imbuhnya.(don/and)