Wali Kota Arief ke Pelaku UMKM: Jangan ke Gunung Kawi

Arief berharap UMKM semakin kreatif, terutama dalam memasarkan produk.(aul)

Kota Tangerang – Ratusan pelaku UMKM mengikuti seminar yang digelar Indomart dan Forisa, di Aula Gedung Cisadane, Jalan KS Tubun, Kota Tangerang, Senin (22/4/2019).

Mereka merupakan UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang dan Indomart.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan, banyak UMKM yang meraup penghasilan ratusan juta rupiah dalam satu bulan. Padahal, produk yang dijual bukan produk yang sulit dibuat.

“Coba di sini kan ada yang dagang gorengan, berapa omzetnya? Cuma Rp12 juta sebulannya, sementara tukang telur gulung di Pasar Lama, omzetnya bisa ratusan juta setiap bulan, padahal bikinnya lebih gampang,” terang Arief.

Jadi menurutnya, yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM adalah inovasi dan kreativitas dalam memasarkan produknya. Misalnya, dengan memasarkannya melalui e-commerce.

“Kalau Bapak Ibu mau lebih gede pendapatannya, pasarin produknya lewat Bukalapak, Tokopedia, Instagram, Facebook, jangan ke Gunung Kawi. Kita cari rezeki yang halal aja,” ucap Arief disambut tawa peserta seminar.

Ia berharap, seminar dapat menjadikan UMKM lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produknya.

“Jadi UMKM sukses yang penghasilannya miliaran, enggak ada yang engga mungkin,” kata Arief memberikan optimisme.(aul/and)