Mulai Digelar Hari Ini, Berikut 7 Sasaran Prioritas Operasi Keselamatan

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol. Abdul Karim saat memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Tahun 2019.(ger)

Kota Tangerang – Sebanyak 520 personel gabungan dari unsur Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Tahun 2019, di Mapolres Metro Kota Tangerang, Senin (29/4/2019).

Operasi Keselamatan digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia mulai hari ini hingga 12 Mei 2019.

“Operasi ini sangat penting digelar sebagai bentuk kesiapan anggota dalam kegiatan cipta kondisi pasca Pemilu dan menjelang Ramadan 1440 Hijriyah,” kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol. Abdul Karim.

“Bersama petugas gabungan dari Polri,  TNI, Dishub dan Satpol PP dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan ,” sambungnya.

Terdapat tujuh sasaran prioritas dalam operasi tersebut yakni, penggunaan handphone saat mengemudi, tidak menggunakan safety belt, menaikan dan menurunkan penumpang di jalan tol, melawan arus lalu lintas dan mengendarai kendaraan di bawah pengaruh alkohol.

“Mengatasi masalah lalu lintas dan keselamatan berkendara perlu keterlibatan banyak pihak, tidak bisa dilakukan oleh pihak kepolisian sendiri,” ujar Karim.  

Kapolres menjelaskan, Operasi Keselamatan akan dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama sosisalisasi; tahap preventif dengan memasang spanduk dan pamplet; dan tindakan peneguran biasa tanpa penilangan. Penilangan dilakukan empat hari terakhir pelaksanaan operasi.

Diharapkan, melalui operasi tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas.

“Menciptakan Kamseltibcarlantas hingga dengan sendirinya potensi pelanggaran,  kemacetan serta kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir,” tuturnya.(ger/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here