Tiba di Rangkasbitung, Ribuan Warga Baduy Disambut Wabup Lebak

Warga Baduy saat akan memasuki Pendopo Bupati Lebak untuk melaksanakan Seba.(and)

Kabupaten Lebak – Warga Suku Baduy akan melaksanakan tradisi Seba ke Ibu Gede (Bupati Lebak-red) di Pendopo Bupati, Rangkasbitung, Sabtu malam (4/5/2019).

Informasi yang diperoleh, ada sebanyak 1.035 warga Baduy Luar dan Dalam yang mengikuti seba tahun ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pemkab Lebak menggelar berbagai acara untuk memeriahkan tradisi turun temurun tersebut.

Tiba di pintu masuk pusat kota, rombongan Suku Baduy mendapat pengawalan dari pihak kepolisian dan TNI. Di barisan depan rombongan nampak sejumlah pejabat Pemkab Lebak, dan Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto serta Dandim 0603/Lebak Letkol Kav Yudha Setiawan.

Kepala Dindik Lebak Wawan Ruswandi yang ikut mengawal rombongan kemudian menyerahkan kepada Wabup Lebak Ade Sumardi yang menyambut di depan kantor bupati.

Kedatangan ribuan warga Baduy juga menjadi tontonan masyarakat Rangkasbitung dan sekitarnya. Mereka nampak antusisas dengan turut memakai ikat kepala khas Suku Baduy. Pemkab Lebak menargetkan 7 ribu wisatawan menghadiri tradisi tersebut.

“Silahkan masuk sambil menunggu Ibu Gede,” ucap Ade kepada warga Baduy.

Seba merupakan ritual seserahan hasil bumi selama setahun sebagai bentuk rasa syukur. Selain seserahan hasil bumi, di dalamnya juga terdapat pesan yang disampaikan masyarakat Baduy kepada pemerintah daerah.(and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here