Pasar Khusus Sparepart di Tangerang Ditarget Beroperasi 2020

Ilustrasi/Pusat onderdil Duta Mas, Jakarta.(gridoto.com)

Kabupaten Tangerang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan membangun pasar tematik di Sentiong, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Kepala PD Pasar Kabupaten Tangerang Jamaludin mengatakan, pasar tematik yang akan dibangun yakni pasar khusus sparepart kendaraan bermotor.

Jamaludin menyebut, pasar ini ditargetkan bisa beroperasi pada tahun 2020 .

“Ini untuk mengcover pembeli dari barat Tangerang dan Serang timur, jadi tidak perlu jauh harus ke Serpong, ke Serang, atau ke Kota Tangerang jika di Kabupaten Tangerang sudah ada,” ujar Jamaludin, Selasa (14/5/2019).

Pembangunan pasar tematik ini juga bertujuan mendayagunakan salah satu pasar di Sentiong. Pasalnya, saat ini di kawasan Balaraja, sudah terlalu banyak pasar tradisional.

“Karena Balaraja pasarnya sudah banyak, yang dikelola PD Pasar saja ada 3; Pasar Balaraja, Sentiongmas, dan Pasar CRS, jadi sudah mencukupi, makanya salah satu pasar akan kami rubah jadi pasar tematik, khusus untuk sparepart kendaraan bermotor dan perbengkelan,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap pedagang yang ada di Pasar Sentiong agar dapat dipindahkan. Nantinya, pasar tematik tersebut akan dikelola oleh swasta agar dapat berjalan dengan baik.

“Pedagangnya kerja sama dengan swasta, nanti pihak swasta akan memasarkan, jual maupun sewa kepada pengusaha Tangerang dan Jakarta yang ingin berjualan sparepart di Balaraja dan sekitarnya,” jelasnya.

Ia berharap, pasar tematik nantinya akan menjadi pusat sparepart kendaraan bermotor khususnya di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya.

“Kami harapkan menjadi pusat perbelanjaan sparepart kendaraan bermotor, karena di wilayah tersebut belum ada,” tutupnya.(don/and)