Gebyar Ramadan, Rutan Rangkasbitung Cetak Warga Binaan Jadi Hafiz Alquran

Pesantren kilat di Ponpes Maghiroh Rutan Rangkasbitung bagian dari kegiatan Gebyar Ramadan 1440 H. (dok. Rutan Rangkasbitung)

Kabupaten Lebak – Bulan Ramadan dimanfaatkan oleh Rutan Klas IIB Rangkasbitung dengan menggelar berbagai kegiatan positif. Tahun ini, kegiatan mengusung tema Gebyar Ramadan.

Kepala Rutan Rangkasbitung Aliandra Harahap mengatakan, salah satu kegiatan dalam Gebyar Ramadan 1440 H adalah hafiz Alquran 30 juz.

“Pesertanya akan dikarantina sampai nanti akan dilombakan dengan sistem eliminasi, dan bisa diketahui siapa yang hafiz terbaik,” kata Aliandra, Kamis (16/5/2019).

Aliandra mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan memotivasi warga binaan untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan suci Ramadan.

“Dan hasilnya jelas, hafiz Alquran ini nantinya akan sangat bermanfaat dan menjadi bekal untuk masa depan mereka,” ujarnya.

Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh warga binaan dengan baik serta berlaku reward dan juga punishment.

“Di sini sudah dijalankan model pembinaan pondok pesantren bagi yang beragama muslim, bahwa pembinaan keagamaan dan pembinaan lainnya menjadi tolak ukur bagi warga binaan untuk mendapatkan hak-haknya seperti remisi, pembebasan bersyarat, cuti bersyarat dan lainnya, tentu nilainya harus berkategori baik. Kami berharap model tersebut akan merubah perilaku dan menjadi bekalnya setelah bebas,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris MUI Lebak Saefullah menilai, Rutan Rangkasbitung telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Hafiz Alquran sangat luar biasa sekali, bagaimana sistem dan kegiatan ini terbentuk dan berjalan dengan sangat baik. MUI Lebak sangat mengapresiasi atas keberhasilan ini. Di sini mereka (warga binaan) menunjukkan kesungguhan belajar lebih baik,” tuturnya.(and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here