Dishub Kabupaten Tangerang Luncurkan SIM PKB Online

Topik menunjukkan aplikasi SIM PKB Online yang bisa didownload masyarakat pada Juni nanti. Aplikasi ini memudahkan masyarakat melakukan pengujian dari pendaftaran hingga mencetak buku KIR.(don)

Kabupaten Tangerang – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengujian Kendaraan Bermotor atau SIM PKB Online.

Aplikasi ini mempermudah masyarakat melakukan pengujian dari pendaftaran hingga mencetak buku KIR.

Kepala UPT PKB Dishub Kabupaten Tangerang Topik mengatakan, dengan aplikasi tersebut, ia memprediksi adanya peningkatan kendaraan yang akan melakukan uji KIR per harinya.

“Biasanya per hari kami melayani hingga 170-an lebih kendaraan, dengan aplikasi online ini pastinya akan ada peningkatan dan itu pasti berdampak pada peningkatan PAD,” kata Topik, Kamis (16/5/2019).

Pada prinsipnya, aplikasi ini tinggal memadu aplikasi blue atau koneksi aplikasi daerah dengan pemerintah pusat. Jika berjalan dengan lancar, aplikasi sudahbbisa diunduh oleh masyarakat pada bulan Juni 2019 mendatang.

“Jika semua data sudah sinkron dengan data di pusat, bulan Juni besok masyarakat sudah bisa mendownload aplikasi ini di Playstore,” ungkapnya.

Proses penggunaannya terbilang mudah. Masyarakat hanya melakukan pendaftaran di aplikasi SIM PKB. Lalu setelah keluar ID bilink, masyarakat tinggal melakukan pembayaran lewat Bank BJB.

“Masyarakat tinggal buka aplikasi, daftarkan kendaraan yang akan diuji, sudah itu akan keluar ID bilink untuk melakukan pembayaran di Bank BJB, dan kendaraan bisa langsung diantarkan ke kami untuk dilakukan pengujian,” tuturnya.(don/and)