Bus Damri dari Rangkasbitung ke Bandara Soetta Diharapkan Beroperasi Sebelum Lebaran

Kepala Dishub Lebak Sumardi didampingi Kabid Angkutan, Terminal dan Perparkiran Dudi Mulyadi.(and)

Kabupaten Lebak – Bus Damri dengan rute dari Rangkasbitung ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) diharapkan bisa beroperasi sebelum Lebaran 2019.

Sebelumnya Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya telah berkirim surat kepada Damri meminya menyediakan transportasi dari Rangkasbitung menuju Bandara Soetta.

“Kami tindak lanjuti keinginan Ibu Bupati, dan kami sudah beberapa kali menggelar pertemuan dengan Damri Cabang Serang,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak, Sumardi, Sabtu (18/5/2019).

Dari pertemuan tersebut, Sumardi mengungkapkan, Damri juga memiliki harapan yang sama dengan Pemkab Lebak agar rute Bandara Soetta-Rangkasbitung bisa dioperasikan sebelum Lebaran.

“Damri punya keinginan yang kuat merealisasikan itu, dan harapan mereka bisa beroperasi sebelum Lebaran. Ini sesuai dengan harapan kami agar segera dioperasionalkan,” kata Sumardi.

“Karena tingkat kebutuhan masyarakat terhadap transportasi menjelang Lebaran pasti tinggi, jadi harapan Ibu Bupati sebelum Lebaran sudah bisa melayani masyarakat,” tambah dia.

Rencananya, pemberangkatan awal Damri dari Rangkasbitung akan berada di kawasan Alun-alun Rangkasbitung, tepatnya di samping kantor Dinas Satpol PP Kabupaten Lebak.

“Start awal kami sepakati dari situ (lahan Damri) sambil menunggu sarana dan prasarana yang akan dibangun Damri. Rutenya kemana? Bukan ke Serang, tetapi Rangkasbitung-Cikande. Sebelum masuk tol, ada check point di Swiss-Belinn Modern untuk mengangkut penumpang dari Cikande, Maja, dan sekitarnya. Karena Damri tidak bisa naik turunkan penumpang di sembarang tempat,” papar Sumardi.

Terkait tarif, Sumardi memperkirakan Damri akan mengenakan tarif tak lebih dari Rp100 ribu.

“Saya kira pihak Damri besar kemungkinan di bawah Rp100 ribu. Mobil yang akan dioperasikan itu kendaraan jenis Hiace,” tutup Sumardi.(and)