Disnaker Lebak Catat Penempatan Tenaga Kerja Lampaui Target

Maman Suparman.(and)

Kabupaten Lebak – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Lebak mencatat, penempatan tenaga kerja pada tahun ini melampaui target.

“Target penempatan tahun ini 480. Tetapi baru akhir Maret sudah 972 penempatan,” kata Kepala Disnaker Lebak, Maman Suparman, di Rangkasbitung, Minggu (19/5/2019).

Kata Maman, 972 penempatan tenaga kerja itu tersebar di beberapa perusahaan seperti minimarket, PT Aplus Pasific, PT Saedong, PT Seijin Lestari dan luar negeri.

“Belum termasuk PT Paklan World Indonesia yang membuka 600 lowongan tenaga kerja secara bertahap, yang kami harapkan bisa menyerap tenaga kerja Lebak yang memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” ungkap Maman.

Selain dengan PT Paklan, Disnaker Lebak juga telah membuat MoU dengan beberapa perusahaan lainnya dalam rangka menekam angka pengangguran.

“Termasuk dengan beberapa perusahaan di Kalimantan, kami akomodir masyarakat yang memang siap ke sana,” ucap Maman.

Lebih lanjut Maman menyebut, permohonan pembuatan kartu kuning atau kartu AK1 jumlahnya juga meningkat. Namun, pihaknya memastikan siap menerbitkan berapapun kebutuhannya.

“Sudah kami persiapkan sejak awal, berapapun jumlahnya tidak akan keteteran. Meningkat, karena pencari kerja biasanya akan mulai mencari setelah Lebara dan ditambah bersamaan dengan kelululusan sekolah. Untuk tahun lalu saja, ada sekitar 5.000 an pemohon kartu AK1,” paparnya.(and)