Rutan Pandeglang Usulkan 69 Napi Dapat Remisi Idul Fitri

Ilustrasi.(kompas.com)

Kabupaten Pandeglang – Sebanyak 69 narapidana (Napi) Rutan Klas IIB Pandeglang diusulkan mendapat remisi khusus Idul Fitri. Dari jumlah napi yang bakal mendapat pengurangan masa pidana, satu di antaranya langsung bebas.

Kepala Rutan Klas IIB Pandeglang Rino Soleh Sumitro menjelaskan, terdapat dua jenis remisi, yakni remisi khusus 1 (RK 1) bagi napi yang masih menjalani sisa hukuman pidana dan remisi khusus 2 (RK2) bagi napi yang langsung bebas.

“Untuk remisi khusus 1 yang diusulkan sebanyak 68 orang, yang terdiri atas remisi lanjutan 16 orang dan remisi perkara 52 orang. Mereka mendapat remisi paling lama 1 bulan. Sedangkan untuk remisi khusus 2 diberikan kepasa 1 orang, dia langsung bebas. Jadi total ada 69 yang dapat remisi,” papar Rino, Jum’at (24/5/2019).

Puluhan napi layak mendapat remisi dikarenakan telah melewati masa tahanan minimal 6 bulan, memiliki perilaku baik, dan sudah ada vonis eksekusi.

Menurut Rino, napi yang diusulkan mendapat remisi khusus tersebut, berasal dari kasus umum seperti, kesusilaan, pengelapan, penganiayaan, pencurian, pornografi, kasus kekerasan dalam rumah tangga, perjudian.

“Ada 5 warga binaan yang mendapat masa pengurangan hukuman karena terlibat kasus narkotika dan korupsi terkait PP 99 Tahun 2012. Dari remisi lanjutan 3 orang, remisi perkara 2 orang,” ujarnya.

Saat ini jumlah penghuni Rutan Klas IIB Pandeglang sebanyak 202 orang. Jumlah itu terdiri atas 10 warga binaan wanita dan sisanya laki-laki.

“Kalau nanti yang dapat remisi khusus 2 keluar, jadi jumlah penghuni tinggal 201 orang,” tutupnya.(aep/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here