Curi Duit Pemotor yang Kena Tilang, Iwan Dibekuk Polisi

Wakapolresta Tangerang AKBP Komarudin menunjukkan uang yang dicuri Iwan dari dalam jok motor pengendara yang sedang ditilang.(don)

Kabupaten Tangerang – Iwan (38) harus mendekam di balik jeruji penjara untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya mencuri uang milik seorang pengendara motor, Iwa Suhwa (45).

Wakapolres Kota Tangerang AKBP Komarudin mengatakan, uang yang digondol Iwan berupa uang pecahan receh yang baru saja ditukarkan Iwa dari sebuah bank di Balajara, Tangerang.

Iwa yang diberhentikan Satlantas Polres Kota Tangerang karena melanggar lalu lintas (lalin) memakirkan motornya dekat Pos Lantas.

“Korban di dalam Pos Lantas akan ditilang, sedangkan motornya di parkir di depan Pos Lantas,” kata Komarudin, Sabtu (25/5/19).

Saat motor ditinggal, pelaku menghampiri dan membuka jok motor. Petugas Satlantas yang sedang mengatur lalin melihat gerak-gerik pelaku mencurigakan.

“Anggota kemudian membawa tersangka beserta bungkusan plastik hitam yang dibawanya ke dalam pos,” ujarnya.

Saat di dalam pos, Iwa langsung mengenali bungkusan tersebut sebagai bungkusan miliknya. Ia bahkan mengetahui rincian pecahan uang yang ada di dalam bungkusan plastik tersebut.

“Pecahan Rp20.000 sebanyak 100 lembar, Rp10.000 sebanyak 100 lembar, pecahan Rp5.000 sebanyak 600 lembar, dan pecahan Rp2.000 sebanyak 500 lembar. Setelah dibuka, isi bungkusan plastik sama dengan yang diterangkan korban yakni uang receh buat Lebaran sebesar Rp7 juta,” beber Komarudin.

Kepada polisi, Iwan mengaku sudah mengintai korban sejak berada di bank. Tersangka melakukan aksi itu berdua bersama rekannya yang berhasil melarikan diri. Iwan nekat mencuri karena desakan kebutuhan ekonomi jelang hari raya.

“Tersangka dijerat Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman penjara di atas 5 tahun,” jelas Komarudin.(don/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here