JR Connexion Buka Rute Baru, Summarecon-Lebak Bulus dan Bandara Soetta

Peluncuran rute baru JR Connexion Summarecon Serpong-MRT Lebak Bulus dan Summarecon Serpong-Bandara Soetta

Kabupaten Tangerang – Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) membuka jalur baru bus JR Connexion dengan rute Scientia Square Park Summarecon Serpong menuju MRT Lebak Bulus dan Summarecon Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

“Kami mulai beroperasi pukul 05.00 pagi untuk tujuan bandara, lalu 06.45 untuk tujuan stasiun MRT Lebak Bulus,” kata Direktur Perum PPD, Pande Putu Yasa, di halte JA dan JRC Summarecon Serpong, Tangerang, Rabu (12/6/2019).

Untuk mempromosikan rute baru tersebut, pengelola memberikan harga khusus yakni Rp10 ribu menuju MRT Lebak Bulus dan Rp17 ribu menuju Bandara Soetta.

“Harga khusus tersebut hanya berlaku sampai satu bulan ke depan. Berikutnya berlaku harga normal, tapi kita uji coba dulu selama satu bulan ini,” ujarnya.

Menurut Putu, pada tahap awal m ada 10 bus yang beroperasi untuk dua rute tersebut, dan akan ada kemungkinan ditambah melihat minat masyarakat dari kawasan pemukiman menuju titik perekonomian dan juga kawasan bandara yang semakin tinggi.

Namun, jumlah bus tersebut terbilang masih jauh dari target. Menurut Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni ditarget 1.000 unit bus yang beroperasi di Jabodetabek.

“Katanya baru turun 20 bus, sementara Pak Putu masih punya 400 bus lagi. Silahkan Pak Bupati (Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar) atau pengelola Summarecon yang daerahnya mau diakomodir angkutan umum, kami siap,” ujarnya.

Sementara itu, Zaki berharap halte bus JAC dan JRC ada di tiap kawasan perumahan. Sehingga bisa saling terhubung, dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Kalau kita lihat sepanjang jalan Tol Jakarta-Merak itu banyak perumahan yang sebenarnya bisa saling terhubung dan berpeluang sebagai pasarnya PPD,” kata Zaki.

Dimulai perumahan Alam Sutera, Survana Padi, Lippo Karawaci, BSD, Telaga Bestari, hingga ke Citra Raya. Setidaknya, ada sekitar 300 ribu warga Tangerang yang hilir mudik menuju Jakarta tiap pagi hingga menuju malam, untuk bekerja dan melakukan rutinitas harian.

“Ini karena masih libur Lebaran saja, coba kalau sudah jam sibuk, itu sudah beda lagi,” sebut Zaki.(aul/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here