Cara Warga Kota Tangerang Protes Postingan Akun FB ASN yang Hina Babu

Saipil Basri membersihkan WC kantor pemerintahan Kota Tangerang sebagai bentuk protes terhadap postingan ASN di Facebook.(aul)

Kota Tangerang – Sebagai aksi protes terhadap postingan Amelia Fitriani, salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Tangerang di media sosial, seorang warga Kecamatan Pinang, Saipul Basri melakukan aksi solo berkeliling di Pusat Pemerintah Kota Tangerang.

Saipul Basri mengatakan, aksi tersebut dilakukan sebagai aksi protes kepada ASN yang dinilai tidak memiliki etika, terutama dalam bersosial media.

Mengenakan kaos dan celana pendek serta membawa peralatan kebersihan, Saipul berkeliling ke seluruh SKPD, ruangan Sekda hingga ruang DPRD Kota Tangerang.

“Kami masyarakat Kota Tangerang melakukan gerakan moral aksi tunggal karena ada aparat sipil negara yang melakukan penghinaan terhadap babu di media sosial,” ujar Saipul, Kamis (20/6/2019).

Saipul mengecam postingan tersebut karena tidak mencerminkan motto Kota Tangerang yakni Akhlakul Karimah. Padahal, ASN merupakan pelayan publik dan harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

“Buat saya ini yang kita berada di kota Akhlakul Karimah, pernyataan dan komentar tersebut sangat tidak bermoral makanya biar bagaimana pun sebagai pelayan publik yang terdidik seharusnya tidak mendiskreditkan seseorang khususnya dalam hal ini buruh babu,” kata Saipul.

Mengenai klarifikasi dari pemilik akun Amelia Fitriani bahwa akun Facebooknya di-hack, dirinya menilai hal tersebut hanya sebagai alibi agar masyarakat tidak menyalahkan dirinya lagi.

“Kalau mengenai hack saya selaku masyarakat tidak paham, tapi berdasarkan masyarakat awam memang dia beralibi di-hack, saya rasa agar dia tidak disalahkan, karena sebelum mengatakan itu di-hack dia pernah menyatakan permohonan maaf artinya dia masih berlangsung ada klarifikasi,” tuturnya.

Ia berharap, aksi yang ia lakukan dapat menjadi kritik moral terhadap seluruh ASN di Kota Tangerang untuk lebih memiliki etika dalam bersosial media dan berperilaku dalam melayani masyarakat.

“Artinya gerakan ini memberikan suatu kritik kepada ASN di Kota Tangerang agar bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, tutur kata sopan santun yang harus dikedepankan apalagi kita berada di kota dengan motto Akhlakul Karimah,” harapnya.

Untuk diketahui, akun Facebook Amelia Fitriani viral setelah memposting sebuah foto dengan caption merendahkan pekerjaan babu. Namun, Amelia yang bekerja sebagai auditor Inspektorat berkilah memposting dan menyebut bahwa akun Facebooknya di-hack.(aul/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here