Untirta Bangun Gedung Fakultas Pertanian di Cadasari Pandeglang

Rektor Untirta Prof. Sholeh Hidayat dan Bupati Irna Narulita bahas rencana pembangunan gedung Fakultas Pertanian.(aep)

Kabupaten Pandeglang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan membangun gedung Fakultas di Kabupaten Pandeglang.

Rencananya, gedung tersebut akan dibangun di Desa Kaduela, Kecamatan Cadasari.

Rektor Untirta Prof. Sholeh Hidayat mengatakan, wacana pembangunan gedung tersebut sudah bergulir sejak era Bupati Dimyati Natakusumah.

“Ini kelanjutan sejak dulu ide pak Dimyati untuk dijadikan kampus terpadu fakultas pertanian,” kata Sholeh saat bertemu Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Selasa (9/7/2019).

Sholeh menjelaskan, pada tahap pertama akan dilakukan pembangunan di tanah seluas 8 hektar untuk kantor fakultas, ruang perkuliahan, ruang Dekan, dan agro teknopark.

“Sertifikat dalam waktu dekat akan segera selesai, setelah itu kami bisa menjemput pendanaan dari Kementerian Ristek, APBN, dan uang yang kami himpun dari mahasiswa,” terangnya.

“Antara fakultas pertanian di Kaduela dan Koranji akan nyambung dengan fakultas yang ada di Sindangsari Kabupaten Serang dengan akses jalan tengah,” tambahnya.

Lebih lanjut kata Sholeh, Pembangunan gedung baru akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

“Impact-nya pada pertumbuhan ekonomi, di sana masyarakat bisa membuat rumah kos, rumah makan dan jasa lainnya, sehingga menambah penghasilan masyarakat,” katanya.

Melihat dampak positif tersebut, Irna meminta OPD terkait agar segera menyelesaikan masalah hibah tanah yang akan digunakan.

“Saya menyambut baik sekali, selain meningkatkan ekonomi, akan meningkatkan pengembangan pertanian dan derajat pendidikan di Pandeglang,” kata Irna.(aep/and)