Kreatifnya Pemuda di Karangtengah, Sulap Tong Bekas Jadi Furniture

Meja dan kursi yang terbuat dari tong bekas.(ayip)

Kota Tangerang – Berbagai barang-barang bekas yang kita sering temui bisa menjadi barang yang berguna dan bahkan memiliki nilai jual.

Salah satunya, tong bekas. Di tangan Wahyu Hidayat (27) pemuda asal Karangtengah, Kota Tangerang, barang bekas tersebut disulap menjadi furniture yang tak kalah dengan furniture yang di jual di toko.

“Awalnya saya lihat di jalan banyak tong bekas, ada yang di jualin pengepul, ada yang berserakan di jalan. Saya cari di Google ternyata dari bahan limbah ini dapat dijadikan barang berharga,” kata Wahyu, Rabu (10/07/2019).

Berbekal informasi itu, Wahyu yang memiliki uang pesangon dari tempatnya bekerja memulai usaha kreatifnya. Mulai dari bangku dan meja dan lain sebagainya mulai ia kerjakan.

“Lumayan sih modalnya. Saya pertama modal Rp20 juta dari uang pesangon kerja di tempat lama saya. Terus, buat beli bahan seperti tong bekas lumayan harganya,” ujarnya.

Setelah jadi, furniture berbahan tong-tong bekas tersebut dijual dengan harga kisarab jutaan rupiah

“Kalau yang bangku dan meja hampir 3 juta satu setnya. Kalau yang bangku mini saya jual Rp150 ribu, karena modalnya hanya 30 ribu, ini barang unik jadi enggak sedikit yang berminat,” ucapnya.

Wahyu mengaku kerap kali kebanjiran pesanan. Setiap produk yang sudah jadi, dia selalu memasarkan melalui media sosial.

“Dari Depok, Tangerang bahkan Surabaya sudah ada yang pesan ke saya. Tapi emang belum maksimal karena masih butuh banyak tenaga sama modal untuk bisa memenuhi pesanan itu,” tuturnya.

Dia berharap dari usaha kreatifnya ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

“Saya berharap dengan usaha saya ini bisa membuat pemuda di sini bekerja. Walaupun bukan di perusahaan besar, setidaknya mereka punya penghasilan untuk diberikan ke keluarga mereka,” katanya.(ayip/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here