UNIS Tangerang Akan Jadi Pusat Kajian Halal di Indonesia

Kota Tangerang – Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang akan membuka pusat kajian halal. Kajian halal ini bersifat ilmiah dan syariah, tidak untuk menerbitkan sertifikat.

Nantinya, pusat kajian halal ini akan menjadi rujukan bagi produsen yang ingin mengeluarkan produknya.

“Jadi, fokusnya adalah pada kajian syariahnya,” kata Bendahara Umum Yayasan Islam Syekh-Yusuf Tangerang, M. Yus Firdaus, Jum’at (12/7/2019).

Rencana pusat kajian halal di UNIS Tangerang yang akan terealisasi juga mendapat dukungan penuh dari Universiti Utara Malaysia (UMM).

Yus menyampaikan, dukungan UMM agar UNIS menjadi pusat kajian halal di Indonesia saat digelarnya seminar Internasional, di UMM dengan tema “Establishing A Global Halal Hub” dan dilanjutkan diskusi panel, 8 Juli 2019 lalu.

“Hasil diskusi itu, Universiti Utara Malayasia akan mendukung penuh jika UNIS Tangerang akan membuka pusat kajian halal. Bahkan, UUM akan mengirim para ahlinya ke UNIS dalam merealisasikannya,” terang Yus.

Rencananya, MoU akan dilakukan dalam waktu dekat ke depan antara Rektor UNIS Tangerang dan Rektor Universiti Utara Malayasia (UUM) di kampus UNIS Kota Tangerang. Berbagai persiapan pun saat ini sedang dilakukan.

“Paling cepat bulan depan akan segera dilakukan kesepakatan kerjasama dengan UUM mengenai pembentukan pusat kajian halal di UNIS Tangerang,” ujarnya.

Sebagai gambaran, Indonesia menjadi konsumen produk halal urutan pertama di dunia karena jumlah penduduk muslimnya terbesar di dunia. Sedangkan produsen produk halal terbesar adalah Brazil meskipun negara tersebut bukan mayoritas muslim.

Tantangannya adalah mengubah Indonesia dari konsumen menjadi produsen produk halal.(Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here