Kemendikbud Evaluasi Sistem Zonasi PPDB

Kabupaten Tangerang – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengaku sedang mengevaluasi sistem zonasi pada proses penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Evaluasi dilakukan setelah melihat persoalan di beberapa daerah terkait pelaksanaan sistem tersebut.

“Sedang kami kaji dan evaluasi. Kami minta setiap daerah melakukan pelaporan ke kementerian. Dan kami targetkan pada akhir Juli ini semua evaluasi dan kajian sudah selesai,” kata Muhadjir, di Kabupaten Tangerang, Senin (15/7/2019).

Kemendikbud kata Muhadjir akan melakukan perubahan dan perbaikan agar ke depan tidak lagi ada calon siswa yang tidak bisa masuk sekolah negeri karena sistem zonasi.

“Sehingga, aturan sistem zonasi pada PPDB bisa diperbaiki dan tahun depan dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Dia memastikan, seluruh anak dalam usia pendidikan dapat menikmati layanan pendidikan dan tidak terbentur dengan sistem zonasi dalam aturan PPDB. Pihaknya berjanji akan terus memperbaiki sarana dan prasarana di setiap sekolah.

“Ini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan pusat. Sementara, terkait dengan benturan sarana dan prasarananya, masih terus kita kaji dengan stakeholder lainnya untuk pengadaannya,” kata Muhadjir.(don/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here