Guru Honorer di Pandeglang yang Tinggal di Toilet Bakal punya Rumah

Nining, guru honorer di SDN Karyabuana 3 Pandeglang terpaksa tinggal di area toilet sekolah lantaran tak punya cukup uang untuk mengontrak. Gajinya per bulan hanya Rp350 ribu yang ia terima setiap 3 bulan sekali.(aep)

Kabupaten Pandeglang – Nining Suryani (44) guru honorer di SDN Karyabuana 3, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang yang tinggal di area toilet sekolah akan segera memiliki tempat tinggal layak.

Kepala SDN Karyabuana 3 Ajat Sudrajat menuturkan, hasil musyawarah dengan Korwil Dindik dan pihak Kecamatan Cigeulis akan membangun rumah untuk ditempati Nining bersama suami dan kedua anaknya.

“Nanti rencananya kami bangunkan rumah di dekat sekolah atau di tanah milik Nining,” kata Ajat, Senin (15/7/2019).

Baca Juga: Bupati Pandeglang Jelaskan soal Guru Tinggal di Toilet Sekolah

Camat Cigeulis Engkos Kosasih mengaku prihatin dengan keadaan guru yang berstatus honorer 15 tahun tersebut. Dia berjanji akan memindahkan Nining ke tempat yang layak.

“Kami sudah sepakat, dari pihak kecamatan dan guru-guru secara swadaya untuk membuatkan rumah. Itu pun usulan dari pihak sekolah,” ujarnya.

Engkos mengamini penjelaskan Ajat soal rumah yang akan dibangun tidak jauh dari sekolah tempat Nining mengajar.

“Yang bersangkutan (Nining-red) punya tanah di pinggir jalan di Karyabuana. Pihak sekolah, korwil Dindik, desa dan kecamatan lagi swadaya mencari dana. Insya Allah tiga hari lagi rumahnya akan dibangun,” terangnya.

Engkos menjelaskan, sebelumnya Nining sudah memiliki rumah. Namun, karena kondisi rumahnya sudah memprihatinkan, Nining bersama keluarganya memilih tinggal di tempat sekarang.

“Memang dia punya rumah, tapi rumahnya sudah rusak. Sebetulnya, bukan toilet, tapi itu dulunya digunakan untuk warung sekolah dan sebelahnya toilet,” pungkas Engkos.(aep/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here