Tinggal di Toilet Sekolah, Nining Guru Honorer 15 Tahun Sempat Putus Asa

Lima belas tahun menjalani guru honorer, Nining tak juga diangkat sebagai PNS.(aep)

Kabupaten Pandeglang – Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentu menjadi harapan bagi para tenaga honorer, terutama yang sudah mengabdi sudah sejak lama.

Salah satunya Nining, guru SD Negeri Karyabuana 3, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang.

Nining yang kini tinggal bersama suami dan kedua anaknya di area toilet sekolah tempatnya mengajar sudah 15 tahun menyandang status sebagai guru honorer.

Baca Juga: 15 Tahun Mengabdi sebagai Guru, Nining Tinggal di Toilet Sekolah

Gajinya yang hanya Rp350 ribu per bulan dan diterima setiap 3 bulan dan penghasilan suaminya yang pas-pasan tak cukup untuk mengontrak rumah.

Belasan tahun menjadi honorer, Nining mengaku sempat putus asa lantaran tak kunjung diangkat menjadi PNS.

“Putus asanya usia sudah tua bagaimana selanjutnya. Harapannya pengen diangkat jadi PNS. Kalau tidak, ada kebijakanya dari pemerintah berapa begitu sebulannya,” tutur Nining, Senin (15/7/2019).

Namun pada akhirnya, Nining mengaku ikhlas menjadi guru meski gaji yang ia terima sangat jauh untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Untuk menambah, Nining harus berjualan sayur sebelum mengajar dan berjualan di sekolah.

Kepala SD Negeri Karyabuana Ajat Sudrajat mengatakan, Nining tinggal di area toilet sekolah karena tidak ada jalan lain. Sebab, Nining bersama keluarganya tidak memiliki rumah.

“Nining ini kan guru honorer di sekolah kami, tapi karena tidak memiliki rumah akhirnya terpaksa tinggal di sana,” katanya.(aep/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here