Sapi Kurban Jokowi Dipesan dari Kota Tangerang, Ini Jenis dan Harganya

Sapi jenis Simmental 1,2 ton pesanan Presiden Joko Widodo.(aul)


Kota Tangerang –
Siapa yang menyangka sapi kurban milik orang nomor satu di Indonesia Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipesan dari daerah yang tak memiliki banyak peternak sapi, yakni Kota Tangerang.

Matruji salah seorang peternak sapi, di Jalan Swadaya RT02 RW 04, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang mengaku, sudah tiga kali berturut-turut Jokowi memesan sapi untuk dikurbankan saat Idul Adha melalui staf Kepresidenan.

“Saya sudah tiga tahun dapet pesanan dari Presiden, sapinya jenis Simmental beratnya 1,2 ton, dulu ada yang cari orang istana sapi yang paling gede, dapetnya di saya,” ujar Matruji saat ditemui di lapak miliknya, Senin (22/7/2019).

Matruji menuturkan, sapi yang telah dibayar lunas tersebut dihargai Rp90juta. Harga yang fantastis tersebut lantaran berat sapi yang jarang dimiliki oleh peternak lain.

“Tahun ini harganya Rp90 juta, kalau tahun kemarin-kemarin Rp80 jutaan, memang dari tahun ke tahun naik, harganya juga enggak beda kalau yang lain ada yang beli dengan berat sama juga harganya sama aja,” jelasnya.

Sapi yang belum diberi nama tersebut merupakan sapi dengan bibit unggul yang ia beli di Yogjakarta dengan berat awal 650 kilogram seharga Rp40juta. Ia pun memberi makan sapi tersebut hingga memiliki berat 1,2 ton.

“Prosesnya 4,5 tahun sampai bisa seberat sekarang, perawatan khusus enggak ada cuma dimandiin dikasih makan, makannya itu konsentrat, ampas tahu, sama rumput,” tuturnya.

Ia mengaku masih memiliki sekitar 12 ekor sapi dengan bobot besar lainnya. Sapi-sapi tersebut pun dipisahkan dari kandang sapi yang memiliki bobot normal.

“Total sapi keseluruhan 60 ekor, tapi yang bobot besar ada 12 ekor, sudah ada yang dibeli sama tokoh-tokoh, ada juga yang belum, tapi ya sering ada yang dateng ke sini,” katanya.

Meski salah satu sapinya telah dibeli Jokowi, Matruji mengungkapkan tidak ada perbedaan harga yang akan diberikan ke pembeli lainnya.

“Saya dibeli sama Presiden ya biasa aja, namanya petani (peternak) kalau ada yang mau beli ya silahkan, harganya enggak saya beda-bedain sama aja, memang saya suka binatang dari kecil jadi ini memang hobi,” ucapnya.(aul/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here