Kemensos Gelontorkan Rp240 Juta Bantu Korban Gempa di Pandeglang

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau kondisi pasca-gempa di wilayah Pandeglang.(aep)

Kabupaten Pandegang – Kementerian Sosial (Kemensos) mengucurkan bantuan Rp240.935.000 dan logistik untuk membantu masyarakat korban gempa di Pandeglang.

“Ini bantuan awal untuk rumah yang rusak, nanti beda lagi dan ada juga untuk bantuan ahli waris bagi yang meninggal,” kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Mandalawangi, Pandeglang, Sabtu (3/8/2019).

Agus menyebut ada tiga orang warga yang meninggal dunia. Meski penyebabnya bukan berhubungan langsung akibat gempa, namun warga Lebak dan Pandeglang tersebut tetap mendapat santunan.

“Yang meninggal itu tidak secara langsung dengan bencana seperti tertimpa bangunan, (kemungkinan) kaget dan lain sebagainya, tapi tetap kami akan berikan santunan, besarnya Rp15 juta,” ungkapnya

Pemerintah daerah kata Agus berhak mengusulkan bantuan rumah yang rusak kepada Kemensos. Dia minta Pemkab Pandeglang lebih capat memproses usulan.

“Kami akan membantu membangun rumah yang rusak, uangnya bisa digunakan untuk membeli barang-barang bangunan, saya imbau masyarakat nanti jika membangun kembali, untuk memastikan konstruksinya yang tepat, sehingga tahan gempa,” pinta Agus.

Terkait mitigasi bencana, ke depan Kemensos akan menguatkan program Kampung Siaga Bencana (KSB) dan program Tagana masuk sekolah agar masyarakat Pandegang bisa paham dan melek mengingat Pandegang masuk daerah rawan bencana.(aep/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here