Askar Kauny Bangun Rumah Tahfiz di Kampung Mualaf Baduy

Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Tahfiz di Kampung Mualaf Baduy, di Desa Lebak Parahiang, Kecamatan Leuwidamar, Lebak.(Foto: Dok. Askar Kauny)

Kabupaten Lebak – Yayasan Askar Kauny melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Tahfiz sebagai pusat aktivitas sosial masyarakat Kampung Mualaf, di Kampung Cikapek, Desa Lebak Parahiang, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Selasa (13/8/2019).

Rumah Tahfizh di Kampung Mualaf ini akan menjadi Rumah Tahfizh ke 408.

Peletakan batu pertama oleh Pimpinan Yayasan Askar Kauny Ustaz Bobby Herwibowo ini setelah sebelumnya Askar Kauny mengirim guru ngaji untuk mengajarkan baca, tulis dan hafal Alquran kepada masyarakat Baduy yang sudah mualaf.

“Askar Kauny berkomitmen terus berkhidmat kepada masyarakat melalui Alquran. Menguatkan akidah masyarakat mualaf dengan terus mendekatkan mereka dengan Alquran, mengajarkan baca tulis dan hafal Alquran selain ilmu-ilmu keislaman adalah jalan yang dapat ditempuh, selain menguatkan ekonomi masyarakatnya,” kata Direktur Pelaksana Program Askar Kauny, Ustaz Hilal.

Hilal mengingatkan, banyak terjadi betapa mudah keimanan mualaf digoyahkan dengan segenggam beras.

“Sudah seharusnya kita tidak meninggalkan mualaf begitu saja. Perlu pembinaan dan pemberdayaan. Peran inilah yang akan dilakukan oleh Askar Kauny,” ujar Hilal.

Selain Rumah Tahfizh, Askar Kauny akan membangunan sumur yang juga menjadi program mendesak yang ingin segera diwujudkan.

Kemudian, program pemberdayaan lainnya yang akan dilaksanakan berupa pembiayaan syariah, selain membangun kawasan peternakan terpadu dan pertanian untuk mendorong perekonomian masyarakat mualaf.

Askar Kauny meyakini, kekuatan ekonomi sosial dari lapis terbawah masyarakat akan meningkatkan kekuatan umat.

Maka, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat mualaf Baduy akan menjadi penunjang bangkitnya kekuatan muslim di Baduy khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

“Mualaf merupakan kelompok yang mendapat perhatian serius dalam Islam, bahkan syariat memberikan hak kepada mereka untuk mendapatkan pendayagunaan dana zakat. Mereka perlu mendapatkan bimbingan dan arahan agar mualaf dapat bertahan dan istikamah dalam Islam,” kata Dirut Askar Kauny, Ustaz Ibnu Hajar menjelaskan.

Keseluruhan program ditargetkan dapat dijalankan secara bertahap dalam kurun waktu 1 tahun dengan perkiraan biaya Rp1,5 miliar.

Askar Kauny membuka kesempatan kepada semua pihak yang ingin berdonasi untuk Program Pembinaan dan Pemberdayaan Kampung Mualaf Baduy melalui rekening Mandiri 13300 8700 8702 atas nama Askar Kauny.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai program ini dapat menghubungi Layanan Donasi Askar Kauny di 0878-7722-1200 (SMS/WA) atau melalui telepon ke nomor 021 22813524.(and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here