Disdukcapil Tangerang Buka Layanan Pembuatan KIA di Restoran Cepat Saji

Layanan pembuatan KIA Disdukcapil Kabupaten Tangerang di salah satu restoran cepat saji di kawasan Lippo Karawaci diserbu masyarakat.(don)

Kabupaten Tangerang – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang membuka layananan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), di KFC Lippo Karawaci, Tangerang, Kamis (15/8/2019).

Layanan pembuatan KIA di salah satu restoran cepat saji tersebut merupakan upaya jemput bola Disdukcapil dalam memberikan kemudahan pelayanan kapada masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang, Syafrudin mengatakan, jemput bola sudah dilakukan sejak 2018.

“Awalnya kami jemput bola ke sekolah-sekolah, tapi kami rasakan tidak efektif karena jumlahnya mungkin sangat terbatas, setelah itu kami coba dari awal KFC sudah mengajukan kerja sama untuk pembuatan KIA, kami lakukan pada saat setelah KFC Paramount dibuka dan antusias luar biasa,” terang Syafudin.

Kasi Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kabupaten Tangerang Endang Tughyastuti menuturkan, pelayanan pembuatan KIA akan dilakukan hingga Minggu. Dalam sehari, pengajuan hingga percetakan mencapai 50 oramg.

“Masyarakt juga mengharapkan hari libur kami standby,” ucapnya.

Ke depan, pihaknya akan menyasar Taman Kanak-kanak (TK) dan anak yang baru lulus sekolah dasar dalam melakukan pelayanan pembuatan KIA kepada masyarakat khususnya Kabupaten Tangerang.

“Ke depannya kami juga akan jemput bola ke TK dan SD untuk siswa yang mau masuk SMP, karena KIA ada batasnya 5 tahun, ketika umur 17 langsung disertakan KIa jadi langsung dicetak KTP, syarat kartu keluarga yang di tanda tangan Disdukcapil, akta kelahiran dan pas foto 4×6 untuk latar tahun ganjil merah, dan biru untuk tahun genap,” jelasnya.(don/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here