Warga Ciledug Khawatir Busa di Kali Paninggilan Mengandung Limbah Berbahaya

Busa di aliran Kali Paninggilan, Kota Tangerang. Warga khawatir busa tersebut mengandung limbah berbahaya.(aul)

Tangerang – Warga Ciledug, Kota Tangerang mengkhawatirkan busa tebal menyerupai salju yang menutupi hampir seluruh permukaan air Kali Paninggilan yang diduga limbah pabrik domestik.

Dumyadi, salah seorang warga mengaku cemas dengan kemunculan busa tersebut. Pasalnya, warga memanfaatkan kali untuk menangkap ikan atau anak-anak yang sekedar bermain sekitaran kali.

“Aliran Kali Paninggilan ini, pecahan anak Kali Angke. Kondisi airnya juga keruh dan kotor. Terus juga muncul aroma bau yang tidak sedap, kalau memang terkontaminasi limbah berbahaya tentu ini bahaya sekali untuk anak-anak yang bermain di sana,” tutur Dumyadi, Selasa (20/8/2019).

Warga berharap, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang cepat tanggap dengan kondisi tersebut. Sebab, dikhawatirkan busa-busa ini mengandung limbah beracun.

“Mudah-mudahan segera diperiksa busa-busa itu mengandung apa, berbahaya atau tidak, kalau memang berbahaya ya harus dicari tahu asalnya dan gimana ngatasinnya,” katanya.

Sementara itu, dikatakan penjaga pintu air, Sukadi, busa tersebut selalu muncul saat pagi hari selama satu bulan terakhir. Namun, jika memasuki siang hari, busa tersebut akan hilang dan terbawa arus.

“Busa ini muncul sudah selama satu bulan terakhir. Kami juga belum tahu penyebabnya, mungkin faktor kemarau atau limbah domestik,” ucapnya.(aul/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here