Buruh Akan Protes Rencana Revisi UU Ketenagakerjaan di Depan Istana

Ratusan buruh bersiap menuju Istana Negara untuk memprotes rencana revisi UU Ketenagakerjaan.(aul)

Tangerang – Ratusan buruh dari Aliansi Buruh Banten Bersatu berkumpul untuk berangkat melakukan aksi protes rencana revisi Undang-undang Ketenagakerjaan, di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Terpantau, ratusan buruh berkumpul di depan PT Indofood, Jalan Raya Batu Ceper, Kota Tangerang. Mereka akan berangkat dengan menggunakan enam bus.

Salah satu koordinator, Agus Gunawan mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat di beberapa wilayah untuk bersatu melakukan aksi memprotes rencana revisi Undang-undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003.

“Hari ini seluruh buruh di Jabodetabek akan turun ke Jakarta, adapun yang dituntut soal rencana revisi Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003,” ujar Agus.

Agus mengungkapkan, revisi Undang-undang Ketenagakerjaan tersebut dirasa akan merugikan pihak buruh dan malah menguntungkan pihak perusahaan saja.

“Salah satunya tentang hak pesangon, hak upah yang dinaikan dua tahun sekali, outsourching yang enggak dibatasi itu lah yang tidak ada untungnya sama sekali, malah merugikan sekali makanya kita tolak itu,” tegas Agus.

Ia menegaskan, akan terus melakukan aksi bersatu dengan buruh dari Jabodetabek untuk memprotes hal tersebut hingga pemerintah membatalkan rencana revisi hndang-undang yang dinilai merugikan tersebut.

“Ini gerakan pertama, kalau pemerintah masih maksa maka kami akan bikin gerakan lebih besar lagi. Elemen buruh akan ke Jakarta dari seluruh Indonesia, Ini pemanasan saja untuk memberikan warning ke pemerintah,” tandasnya.(aul/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here