Viral Jenazah Dibopong, Wali Kota Tangerang Minta Dinkes Revisi SOP Ambulans

Arief R. Wismansyah.(ayip)

Tangerang – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk merevisi Standar Operasional Prosedur (SOP) penggunaan mobil ambulans.

Hal itu disampaikan Arief setelah viralnya video seorang pria yang membopong jenazah anaknya lantaran puskesmas menolak mengantar dengan mobil ambulans.

Baca Juga: Viral, Pria Bopong Jenazah Anak karena Puskesmas Tolak Mengantar

Arief mengatakan, revisi SOP dilakukan untuk kepentingan masyarakat, terutama dalam kondisi gawat darurat.

“Tadi pagi kami evaluasi tata laksana ambulans karena menjadi jadi viral. Memang di Kota Tangerang Dinkes membedakan pelayanan ambulans dengan mobil jenazah. Makanya saya instruksikan untuk segera direvisi SOP-nya untuk kepentingan masyarakat, jadi bisa dimanfaatkan untuk masyarakat,” papar Arief, Minggu (25/8/2019).

Arief mengungkapkan, membawa jenazah untuk korban kecelakaan merupakan hal yang harus dimasukkan ke dalam kegawatdaruratan.

“Saya pernah nolongin orang kecelakaan pakai angkot, pakai becak, namanya juga darurat, saya rasa itu yang kita pikir pemerintah harus lebih sigap merespon kebutuhan masyarakat,” tutur Arief.

Ia meminta kepada Kepala Dinkes untuk menyelesaikan perubahan SOP ambulans dan mobil jenazah besok.

“Saya sudah perintahkan langsung Kepala Dinas Kesehatan agar besok semua sudah bisa diperbaiki dan disosialisasikan ke seluruh puskesmas di Kota Tangerang,” jelasnya.(aul/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here