Polisi Libatkan LH Selidiki Penyebab Belasan Santri Sesak Nafas Diduga Keracunan Limbah Pabrik

Belasan santri harus dilarikan ke puskemsas karena diduga keracunan limbah pabrik.(don)

Tangerang – Polresta Tangerang masih menyelidiki penyebab belasan santri SMP IT Nurul Hikmah, Pasar Kemis, mengalami sesak nafas hingga harus mendapat penanganan medis.

Polisi juga melibatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk memastikan dugaan belasan santri tersebut keracuna limbah pabrik.

“Dari cek TKP, cek radius terdekat dengan pabrik, jarak dari pondok pesantren ke pabrik terdekat sekitar 1 km dan rentang jarak 1 km tersebut banyak rumah penduduk yang beraktivitas. Oleh karena itu, kami masih menunggu diagnosa dokter, dan mendatangkan LH untuk mengecek sampel,” ujar Wakapolresta Tangerang, AKBP Komarudin, Kamis (29/8/2019).

Pihaknya belum dapat serta merta menentukan penyebab belasan santri yang dilaporkan mengalami sesak nafas lantaran bau limbah di wilayah tersebut.

“Sumbernya masih kami dalami, makanya melibatkan LH juga, kalau memang dari uap atau udara maka analisanya korbannya harusnya banyak, karena saya lihat jarak antara pabrik dengan sekolah itu kurang lebih 1 km cukup jauh dan di antara itu banyak pemukiman penduduk bahkan yang jual makanan juga banyak,” beber Komarudin.

Jika setelah dilakukan penyelidikan terbukti pabrik tersebut menyebabkan belasan santri tersebut keracunan, maka akan dilakukan tindakan hukum sesuai peraturan yang berlaku.

“Jika nanti ditemukan ada indikasi, maka akan diambil tindakan sesuai hukum apakah memang ada kesalahan prosedur, kesalahan lainnya maka akan kami upaya penegakan hukum dan berkoordinasi dengan pihak lainnya,” tandasnya.(don/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here