Kualitas Udara di Kota Tangerang Diklaim Aman

Kepala DLH Kota Tangerang, Dedi Suhada.(ayip)

Tangerang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang mencatat, kualitas udara di Kota Tangerang masih relatif aman.

Sebelumnya, sjtua penyedia data polusi udara www.airvisual.com, mencatat kualitas udara di Banten, Kota Depok dan Kota Bekasi lebih baik dari Jakarta.

Hal itu dikatakan Kepala DLH Kota Tangerang Dedi Suhada yang mana berdasarkan data dari Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Tangerang, kualitas udara di Kota Tangerang capai angka 50 sampai 100 dengan kategori aman.

“Hasil kondisinya masih sedang untuk kualitas udara di Kota Tangerang ini,” kata Dedi.

Dedi menjelaskan, pihaknya mempunyai alat AQMS (Air Quality Monitoring System) yang stasiunnya berada di Jalan Jenderal Sudirman dan Kelurahan Sudimara Barat, Ciledug.

Selain itu, pihaknya juga mempunyai pengambilan data secara manual yang berada di 37 titik yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang.

“Untuk di tahun 2019 ini masih memenuhi baku mutu di Kota Tangerang. Jadi di Kota Tangerang lebih aman dari wilayah seperti Kalimantan dan yang lainnya.

Kata Dedi, untuk penyumbang polusi udara terbanyak di Kota Tangerang yaitu dari transportasi. Sedangkan, dari pelaku industri tidak terlalu dominan menyumbang polusi udara.

“Kalau debu juga masih memenuhi baku mutu. Ya karena memang ini musim kemarau, debu ini rada meningkat ketimbang di musim hujan. Kalau ada hujan kan debu kependam,” tutur Dedi.

Dedi menambahkan, dalam mengurangi tingkat kualitas udara yang buruk, pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi tentang tata cara penggunaan kendaraan, seperti eco driving, uji emisi, sosialisasi menjaga lingkungan hidup dan lainnya.

“Dalam hal ini juga, dibutuhkan peran serta dari masyarakat khususnya Kota Tangerang sendiri ini. Mari kita menjaga lingkungan kita agar lebih bersih dan asri lagi,” imbau Dedi.(ayip/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here