Anggaran Pilkada Pandeglang Belum Ada Kepastian

Ilustrasi.(net)

Pandeglang – Hingga pertengahan September 2019, anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Pandeglang 2020 belum juga ada kepastian.

Padahal, sesuai PKPU RI Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, program dan Jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, pelaksanaan tahapan Pilkada mulai dilakukan pada bulan Oktober 2019.

Dalam aturan tersebut ditegaskan, penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) harus dilakukan paling lambat 1 Oktober 2019.

Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i mengatakan, berdasarkan hasil audiensi bersama Bupati Pandeglang Irna Narulita, pemkab belum bisa menentukan hibah untuk anggaran Pilkada karena harus membahas terlebih dulu bersama DPRD.

“Jadi prinsipnya kita menunggu saja,” kata Suja’i, Selasa (17/9/2019). 

Jika penandatanganan NPHD belum dilakukan dengan batas waktu yang telah ditentukan, KPU Pandeglang akan menyampaikan ke KPU pusat melalui KPU Provinsi Banten.

Awalnya KPU Pandeglang mengajukan Rp83 miliar kemudian terdapat perubahan menjadi Rp71 miliar.

Begitu juga dengan anggaran pengawasan. Menurut Ketua Bawaslu Pandeglang Ade Mulayadi, Pemkab Pandeglang belum bisa menentukan anggaran hibah untuk lembaganya karena masih dalam dalam pembahasan TAPD dan menunggu pembahasan DPRD.

“Masih diverifikasi, oemkab belum bisa menentukan angka,” ucapnya.

Padahal, Ade berharap Pemkab Pandeglang segara menentukan anggaran yang bakal dihibabkan supaya dari pengajuan sebesar Rp25 miliar itu bisa memilah mana yang bakal dikurangi.

“Kami ingin secepatnya keluar agar ada hal-hal yang dikesampingkan yang mana sesuai dengan besaran anggaran. Kami ingin sebelum Oktober ada kejelasan angka,” harap Ade.

Sementara itu, Sekda Pandeglang Fery Hasanudin menjelaskan, lambatnya penentuan anggaran Pilkada lantaran harus dibahas terlebih dulu bersama DPRD termasuk melihat kondisi APBD.

“Kepastian (anggaran) berapa-berapa kami belum bisa menentukan karena kita bersama-sama dengan DPRD,” imbuhnya.(aep/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here