Ratusan Box Suplemen Pelangsing Mengandung Bahan Berbahaya Diamankan

Ratusan box suplemen pelangsing tanpa izin edar dan mengandung bahan berbahaya disita petugas.(aul)

Tangerang – Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengamankan ratusan box suplemen pelangsing yang tidak memiliki izin edar.

Suplemen yang diketahui bermerk Choco Fit, Lemon Fit, Choco White, Sleemax Tea Tox, dan Audela tersebut juga mengandung bahan berbahaya bagi tubuh.

Kepala KPU Bea Cukai Bandara Soetta Erwin Situmorang mengatakan, pencegahan tersebut merupakan hasil kerja sama antara pihaknya dengan BPOM sesuai dengan Peraturan Kepala BPOM Nomor 29 dan 30 Tahun 2017.

“Saat melakukan pencegahan, kami berkoordinasi dengan BPOM untuk melakukan verifikasi atas produk tersebut, dan memang produk tersebut belum memiliki izin edar di Indonesia,” ujar Erwin, Kamis (19/9/2019).

Erwin mengatakan, produk tersebut dibawa oleh penumpang yang hendak pulang ke Indonesia yang tidak mengetahui bahwa produk yang dibawanya tidak memiliki izin edar.

“Produk ini dibawa oleh penumpang yang datang dari Malaysia, penumpang tersebut memang tidak mengetahui bahwa produk tersebut tidak memiliki izin edar dan dilarang di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Perwakilan BPOM RI Nurjaya Bangsawan mengatakan, produk pelangsing tersebut mengandung bahan berbahaya bagi tubuh.

“Karena mengandung bahan kimia berbahaya. Sibutramin ini sebagai pelangsing memang betul, tapi bahan kimia yang mempercepat dia langsung adalah Sibutramin tersebut,” jelas Nurjaya.

Efek dari Sibutramin disebut Nurjaya sangat berbahaya hingga dapat menyebabkan kematian.

“Sibutramin efeknya bisa menyebabkan penyakit kardiovaskuler atau jantung bisa juga menyebabkan penyakit yang lain, jadi jangan sampai langsing tapi efek yang lain bahkan bisa menyebabkan kematian,” terangnya.(aul/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here