Upaya SDN Tanah Tinggi 1 Tingkatkan Minat Baca, Sulap Gerobak Bakso Jadi Gerobak Baca

Minat baca penting ditanamkan pada anak sejak dini.(aul)

Tangerang – Meningkatkan minat baca sejak dini ditanamkan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tanah Tinggi 1 dengan inovasi berupa gerobak baca untuk para siswa.

Gerobak baca yang merupakan bekas gerobak bakso tersebut dilukis dan diwarnai sedemikian rupa agar menarik minat para siswa untuk membaca.

“Awalnya di SDN Tanah Tinggi 1 ini banyak perpustakaan, tapi tidak ada tempat sehingga terpikir untuk membuat gerobak baca supaya menumbuhkan minat bacanya,” ujar Kepala SDN Tanah Tinggi 1, Yetti Sulistiawati, Jum’at (20/9/2019).

Yetti mengungkapkan, terdapat berbagai buku bacaan yang dapat dibaca oleh siswa, mulai dari buku sejarah, flora dan fauna, hingga buku cerita.

“Gerobak baca ini baru satu minggu dilaunching. Dari gerobak baca ini, setiap hari Sabtu harus membaca baik guru maupun siswa setelah kegiatan senam, serempak membaca di lorong kelas, di kelas, di musala, dimanapun,” jelasnya.

SDN Tanah Tinggi 1 menerapkan wajib membaca sebelum proses belajar mengajar berlangsung. Hal tersebut agar siswa semakin terbiasa dan tidak merasa terbebani dengan membaca.

“Lima belas menit sebelum pelajaran dimulai beberapa halaman yang dibaca dalam satu bulan karena anak itu bervariasi ada yang bacanya cepat ada yang lambat, tapi yang pasti disitulah kita menarik minat baca dimanapun kapanpun, karena ini baru pembiasaan dulu belum sampai ke pengembangan,” tuturnya.

Yetti berharap, sekolahnga dapat terus mengembangkan budaya literasi hingga siswa dapat menceritakan kembali apa yang mereka baca dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mudah-mudahan nantinya anak bisa menceritakan kembali apa yang sudah dibaca pada waktu upacara di depan teman-temannya, karena literasi bukan hanya membaca buku tapi juga bersalawat, tadarusan, dan lain-lain,” jelas Yetti.(aul/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here