Kabupaten Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah City Sanitation Summit

Zaki saat menjadi narasumber City Sanitation Summit XIX 2019 di Banjarmasin.(don)

Banjarmasin – Persoalan sanitasi harus benar-benar dikelola dengan baik. Dengan sainitasi yang baik, layak dan sehat akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Hal itu dikatakan Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar saat menjadi narasumber dalam acara CSS (City Sanitation Summit) XIX 2019, di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (24/9/19).

“Semoga event ini bisa menjadi salah satu wadah untuk mencari solusi di daerah masing-masing dalam masalah pengelolaan sanitasi yang aman, baik, layak, dan sehat bagi masyarakat,” kata Zaki.

Zaki mengatan, kabupaten yang dipimpinnya sangat siap untuk menjadi tuan rumah pada event CSS yang digelar pada bulan Oktober mendatang sekaligus merayakan HUT Kabupaten Tangerang.

Kabupaten Tangerang kata Zaki telah berusaha memenuhi kebutuhan sanitasi bagi masyarakat dengan beberapa program unggulan dan tertuang dalam RPJMD seperti, Sanitasi Sekolah (SD, SMP, SMA), Sanitren (Sanitasi Pesantren), Gebrak Pakumis (Gerakan Bersama Rakyat Atasi Pemukiman Kumuh dan Miskin), dan Gerbang Mapan (Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai).

“Saya ucapkan terima kasih kepada USAID (United States Agency for International Development) yang memberikan support kepada Kabupaten Tangerang dan support terus menerus kepada daerah-daerah dalam masalah pemenuhan akses sanitasi aman, sehat, baik, dan bersih bagi masyarakat, dalam mewujudkan SDG’s (Sustainable Developtment Goals),” terangnya.

Jason dari USAID memberikan apresiasi kepada Zaki yang telah memberikan pembelajar masalah sanitasi aman yang berkelanjutan. Diharapkannya, CSS menggugah kepala daerah lain dalam mengatasi masalah sanitasi yang sehat, baik, layak dan aman bagi masyarakat.

“Ke depan saya berharap banyak daerah lain yang mereplikasi program yang digulirkan oleh Kabupaten Tangerang dalam masalah penanganan sanitasi bagi masyarakat,” jelasnya.(don/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here