Angka Pengangguran di Kabupaten Tangerang Diklaim Menurun

Ilustrasi.(Liputan6.com)

Tangerang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mengklaim tahun ini angka pengangguran mampu diturunkan 10 persen.

“Kabupaten Tangerang tahun ini berhasil menekan 10 persen jumlah pengangguran yang semula 174.546 orang menjadi 164.000 orang,” ujar Wakil Bupati Tangerang, Selasa (24/9/2019).

Meski angkanya sudah turun, namun masih ratusan ribu orang lainnya menjadi tantangan Pemkab Tangerang. Menurutnya, ada ketimpangan antara jumlah lowongan pekerjaan dengan jumlah penempatan kerja yang menyebabkan masih banyaknya jumlah pengangguran di Kabupaten Tangerang.

“Sektor industri sebagai penyumbang perekonomian daerah yang cukup signifikan. Pertumbuhan industri tersebut tentunya bisa membantu membuka lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja. Tetapi pada kenyataannya, saat ini masih terdapat ketimpangan antara jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia dengan jumlah penempatan tenaga kerja,” papar Romli.

Ketimpangan tersebut karena kurangnya informasi antara pelaku industri dengan para pencari kerja, serta kualitas sumber daya manusia.

“Kurangnya informasi antara perusahaan, pengguna dan pencari kerja serta ketidakcocokan antara persediaan kebutuhan tenaga kerja, baik dari segi kualitas maupun kuantitas,” jelasnya.(don/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here