Kresek Jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Mad Romli Berharap Jadi Percontohan

BPJS Ketenagakersaan melaunching Desa Kresek menjadi desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.(don)

Tangerang – Desa Kresek, Kabupaten Tangerang diresmikan menjadi desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mengimbau warga di wilayah lain untuk mencontoh Desa Kresek sehingga jaminan sosial di daerah terkecil semakin merata.

“Mudah-mudahan Desa Kresek ini bisa jadi contoh desa-desa lain untuk bisa mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan,” kata Romli, di Tigaraksa, kemarin.

Pemkab Tangerang akan menggerakkan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) untuk menjadikan kepesertaan BPJS sebagai tolak ukur keberhasilan.

“BPJS, kita sebenarnya sudah semua, tetapi baru kesehatan, dan ini program pertama yang memang kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan mudah-mudahan juga besok atau lusa bisa dilombakan di tingkat Nasional,” tutur Romli.

Pemkab Tangerang juga akan memberikan fasilitas kepada masyarakat.

“Sementara ini masyarakat kita belum ada acuan hukumnya, kalau ada aturan hukum yang kira-kira bisa difasilitasi kenapa enggak,” jelasnya.

Sementara itu, Kanwil Banten Eko Nugrianto mengatakan, untuk mengikuti persyaratan BPJS di wilayah terkecil, masyarakat harus aktif terlebih dahulu. Sebanyak 4.200 warga BPJS, hampir 91 persen.

“Sudah lebih dari 50 persen kepesertaan angkatan kerjanya di desa itu mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan dan kemudian perangkat desanya itu sudah ikut juga, jadi masyarakatnya enggak susah, cuma kepesertaan aja,” jelas dia.(don/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here