Kali Perancis Dipenuhi Sampah, Warga Keluhkan Bau Tak Sedap

Kondisi Kali Perancis yang dipenuhi sampah yang menimbulkan bau tak sedap.(don)

Tangerang – Sampah yang menumpuk di Kali Perancis, Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang menimbulkan aroma tidak sedap.

Sampah yang menumpuk diduga berasal dari warga yang tinggal di bantaran kali yang membuang sampah sembarangan.

Salah seorang warga Perumahan Duta Bandara Permai Blok HS 1, Hendra mengatakan, selain banyak sampah, Kali Perancis juga dipenuhi oleh lumpur.

“Tumpukan sampah terlihat dari pinggir Jalan Dadap hingga ujung jembatan menuju Jalan Raya Perancis,” ujar Hendra Selasa (1/10/2019).

Hendra memastikan, tidak ada warga Perumahan Duta Bandara Permai yang membuang sampah ke kali, karena di perumahan tersebut sudah tersedia tempat pembuangan sampah sementara.

Kata dia, pemerintah harus memperhatikan kondisi tersebut karena warga Duta Bandara yang justru terkena dampak bau tak sedap dari sampah yang menumpuk tersebut.

“Kalau masyarakat mungkin sudah terbiasa dengan aroma baunya, karena kami kan tinggal di sini dekat dengan kali ini. Seharusnya ini menjadi perhatian serius pemerintah daerah, jangan didiamkan saja,” keluhnya.

Sementara itu, salah satu aktivis lingkungan, Hendri Munandar menambahkan, kondisi kali Perancis sudah sangat mengkhawatirkan. Jika dibiarkan akan menimbulkan bahaya untuk masyarakat sekitar.

Hendri berharap ada pengerukan atau normalisasi dan ada tindakan tegas kepada warga yang masih membuang sampah sembarangan.

“Dulu memang pernah dinormalisasi, tetapi kalau tidak ada penegasan terhadap warga atau pemilik kios yang membuang sampah sembarangan, itu sama saja bohong. Jadi seharusnya ditertibkan dulu bangunan liar yang berdiri di bantaran sungai, baru dikeruk lumpur dan sampahnya,” jelasnya.(don/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here