Kemahiran Berbahasa Indonesia Diharapkan Jadi Syarat Kenaikan Pangkat ASN di Lebak

Asda III Setda Lebak Dedi Lukman Indepur berharap, kemahiran berbahasa Indonesia menjadi syarat kenaikan pangkat ASN.(Foto: Humas Pemkab Lebak)

Lebak – Hasil Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) diharapkan menjadi salah satu syarat kenaikan pangkat dan jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Lebak.

Hal tersebut dikatakan Asda III Bidang Administrasi Umum dan Kesra Setda Lebak, Dedi Lukman Indepur saat Sosialisasi UKBK bagi tenaga profesional dan calon tenaga profesional di Kabupaten Lebak, kemarin.

“Ke depan, hasil UKBI ini diharapkan menjadi salah satu syarat untuk kenaikan pangkat dan jabatan ASN,” kata Dedi dalam keterangan pers yang diterima.

Sosialisasi UKBI digelar oleh Kantor Bahasa Banten. Untuk menyetarakan bahasa Indonesia agar sejajar dengan bahasa-bahasa besar di dunia, Badan Pengembangan dan Pembinaaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan UKBI.

“Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi negara dan bahasa Nasional,” ujar Dedi.

Koordinator UKBI Kantor Bahasa Banten Wuri Dian Trisnasari mengatakan, UKBI bertujuan melakukan pemetaan kemahiran berbahasa Indonesia bagi tenaga kebahasaan se-Provinsi Banten.

“Kami harap sertifikat hasil UKBI dapat dijadikan syarat untuk kelulusan menjadi CPNS. Bagi profesional prasyarat profesi sebagai guru dan untuk kenaikan golongan dan jabatan, serta dapat digunakan untuk syarat tenaga yang berasal dari Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia dan persyaratan WNA untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI),” paparnya.(and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here