E – Rapor Mudahkan Orang Tua Pantau Prestasi Anak

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin memberikan sosialisasi terkait penerapan E-Rapor
Tangerang – Secara umum E – Rapor memberikan gambaran penilaian berdasarkan kompetensi dasar yang diajarkan. Banyak jenis penilaian baik diranah pengetahuan maupun keterampilan disesuaikan dengan kompetensi dasar yang sudah dipilih. 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Masyati Yulia bahwa dibuatnya E-Rapor bagi orang tua, untuk memudahkan wali murid melihat hasil penilaian dari berbagai ranah.

“Baik ranah pengetahuan maupun keterampilan siswa sesuai dengan kompetensi dasar yang sudah dipilih,” kata dia, Senin (7/10/2019).

Selain itu kata dia, dengan E – Rapor, data siswa akan dilihat secara nasional, bahkan data ini tidak akan hilang sampai kapanpun. Bahkan, dengan e-rapor sekolah bisa cepat memasukan nilai siswa oleh guru mata pelajaran.

“Jadi dengan e-rapor seluruh guru mata pelajaran bisa memasukan nilai rapor secara langsung tanpa harus memberikan hasil siswa pada wali kelas,” singkat dia

Sementara Jamaluddin selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tangerang menuturkan, untuk tahun ajaran 2019/2020 SMP Negeri di Kota Tangerang dipastikan akan menerapkan E – Rapor.

“Kita akan mulai ujicoba penerapan untuk ujian tengah smester ini. Mudah – mudahan akhir bulan Oktober sudah bisa,” kata Jamaluddin.

“Jadi aplikasi E – Rapor yang kita gunakan untuk SMP langsung dari Kemendikbud, karena sudah tergabung dalam Dapodik. Kecuali yang SD sedang dibuat oleh Dinas Kominfo Kota Tangerang,” tutur dia.

Ia menambahkan, nantinya aplikasi E-Rapor akan terbagi menjadi dua versi, yaitu untuk android dan juga website.

“Keduanya memiliki fungsi dan fitur yang sama. Jadi orang tua bisa memantau prestasi akademik di mana saja, bahkan di kantor sekalipun,” tukasnya. (ayip/nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here