Dinilai Mampu Tingkatkan SDM, Pemkot Tangerang Kembali Raih Anugerah Pandu Negeri

Jakarta – Untuk ketiga kalinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2019 dengan predikat Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Baik yang diberikan oleh Indonesian Institute Publik Governance (IIPG).

Anugerah Pandu Negeri merupakan sebuah apresiasi bagi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik, serta pemimpin inovatif yang telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh ketua Indonesian Institute Publik Governance (IIPG) Sigit Pramono kepada Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam acara yang berlangsung di aula Bina Karna, Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Ditemui seusai acara penyerahan penghargaan, Arief menyampaikan apresiasinya kepada IIPG yang merupakan lembaga independen atas apresiasi yang telah diberikan kepada Pemkot Tangerang.

“Pemkot Tangerang tidak akan berhenti untuk melakukan terobosan – terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Wali Kota dalam acara yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI periode 2009 – 2014 Prof. Dr. Boediono, M.Ec.

Sementara itu, ketua Indonesian Institute Publik Governance (IIPG) Sigit Pramono menjabarkan penilaian dilakukan terhadap 548 Pemerintah Daerah yang terdiri dari 34 provinsi, 416 kabupaten, dan 98 kota dan kota administrasi, dengan dua kriteria utama yaitu aspek performance dan governance.

“Aspek performance meliputi pertumbuhan ekonomi, pengembangan nanusia, kemudian aspek governance yang meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, serta antikorupsi,” ujar Sigit.

Sigit menambahkan dengan penghargaan yang diraih, kepala daerah serta Pemda dapat menjadi teladan bagi masyarakatnya untuk membangun negeri. “Sesuai dengan namanya Anugerah Pandu Negeri,” tukasnya. (ayip/nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here