PGRI Sebut Beban Guru Saat Ini Sangat Berat

Tangerang – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Tangerang, Jamaluddin mengaku beban guru di Indonesia, bahkan di Kota Tangerang sangat berat.

Menurutnya, pada satu sisi guru diminta untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tetapi di sisi lain dibebankan tugas administrasi untuk menyelasaikan laporan pekerjaan.

Belum lagi pencanangan revolusi industri 4.0 serta peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah disampaikan oleh Presiden.

“Makanya kami dari PGRI, khususnya pada tingkat pusat sedang memperjuangkan adanya penyederhanaan birokrasi bagi guru,” kata Jamaluddin di sela kegiatan Seminar Nasional PGRI Kota Tangerang, Sabtu (9/11/2019) di Puspemkot Tangerang.

Jamaluddin menuturkan, dengan adanya penyederhanaan birokrasi administrasi dapat membuat guru fokus dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp).

“Artinya membangun sumber daya manusia yang unggul bukanlah sebuah keniscayaan,” tuturnya.

Ia berharap pada momentum hari guru tahun ini Pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan bagi guru. Apalagi masih cukup banyaknya tenaga guru honorer.

“Tentu dengan mudahnya birokrasi dan adanya kesejahteraan bagi guru, beban kerja guru dapat menjadi ringan,” tukasnya. (ayip/nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here