Resmikan Pojok Baca, Walikota Tangerang Berharap Budaya Literasi Meningkat

Tangerang – Dinas Pendidikan Kota Tangerang resmi meluncurkan pojok baca guna meningkatkan budaya literasi dan kompetensi bagi para siswa dan warga di lingkungan sekolah, Jum’at (14/2/20) di komplek SDN Periuk Jaya Permai.

Pojok baca tersebut diresmikan secara langsung oleh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah bersama Wakil Walikota Tangerang Sachrudin yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Masyati Yulia.

Walikota bersama Wakil Walikota dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang berbincang setelah peresmian Pojok Baca di SDN Periuk Jaya Permai

Dalam sambutannya, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menyampaikan inspirasi pembuatan pojok baca sesuai dengan perintah pertama Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW.

“Wahyu pertama yang disampaikan malaikat kepada Rosul yaitu Iqra atau bacalah. Jadi ini adalah bagian dari upaya kita menjalankan perintah Allah,” ungkapnya dalam sambutan.

Arief menambahkan, kedepannya seluruh sekolah di Kota Tangerang bakal memiliki pojok baca dan laboratorium komputer untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. “Kalo bisa dikerjakan dalam dua tahun yaa lebih bagus,” singkatnya.

Walikota Tangerang saat meninjau laboratorium komputer di SDN Periuk Jaya Permai

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati Yulia menambahkan, untuk saat ini sudah ada 64 pojok baca dan 50 laboratorium komputer.

“Tadi sudah ditargetkan agar bisa selesai semua dalam kurun waktu 2 tahun dengan total ada 340 SD Negeri di Kota Tangerang,” tutur dia.

Masyati menambahkan, pojok baca juga upaya dari Dinas Pendidikan untuk meningkatkan minat literasi. Pasalnya Indonesia berada diurutan terakhir rendahnya minat membaca buku.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati Yulia saat memberikan keterangan pers kepada awak media

“Dari 70 negara, Indonesia berada di urutan 69. Jadi kita berupaya agar sedikit demi sedikit naik,” kata dia.

Pojok baca yang dibangun memiliki daya tampung buku hingga 1000 judul buku. Sehingga kaya akan refenrensi literasi bagi siswa. “Pojok baca yang dibangun didesign ramah anak dan nyaman untuk membaca buku,” singkatnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here