Pelajar SD di Pinang Dilatih Menjadi Dokter

Tangerang – Puskesmas Kunciran bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang menggelar pelatihan Dokter Kecil (Dokcil) bagi sejumlah pelajar Sekolah Dasar di Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Senin (17/2/2020).

“Pelatihan Dokcil ini bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi dokter kecil di sekolah mereka masing – masing, sehingga siswa tersebut bisa menangani insiden kecil yang terjadi di sekolah,” kata Rahmawati, selaku Koordinator Dokcil PMI Kota Tangerang.

Rahmawati menjelaskan, dalam kegiatan yang digelar di kantor Kecamatan Pinang itu, PMI memberikan berbagai materi kepada para peserta pelatihan seperti patah tulang, pembalutan luka, luka lecet, serta pengangkatan korban pingsan.

“Materi-materi sederhana tersebut, kami harap dapat mengajarkan para peserta minimal dapat memberi pertolongan pertama pada kecelakaan-kecelakaan kecil yang dapat terjadi di lingkungan sekolah,” ujar Rahma.

Sementara PJ UKS Puskesmas Kunciran Baru, Silvi Septi mengatakan, tujuan pelatihan Dokcil untuk pembinaan siswa di sekolah supaya bisa menjadi role model bagi teman-temannya.

“Jadi, pelatihan ini sekaligus memberikan praktek sehingga dapat langsung diterapkan di rumah maupun disosialisasikan kepada yang lainnya,” pungkasnya. (nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here