Marinus Gea : Pancasila Lindungi Kita Dari Hoaks dan Ujaran Kebencian

Tangerang – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Marinus Gea menjelaskan arti penting Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kepada warga binaan yayasan Yamakindo di Rukan Teuku Umar, Karawaci, Kota Tangerang, Sabtu (22/2/2020).

Kegiatan seminar anggota Badan Penganggaran MPR RI tersebut diikuti sebanyak 150 orang dengan latar belakang berbeda.

Dalam paparannya, Marinus Gea menyampaikan bahwa Pancasila telah memperkokoh bangsa Indonesia sejak era perjuangan hingga saat ini.

“Hal yang paling kecil dalam kehidupan sehari – hari adalah kita ini berasal dari daerah dan agama yang berbeda. Namun Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi landasan kita telah membuat kita rukun semua,” ungkapnya.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Marinus Gea saat menggelar Seminar Anggota Badan Penganggaran MPR RI

Anggota DPR RI dari Dapil Banten III itu menambahkan, meskipun hoaks dan ujaran kebencian telah mengancam Pancasila. Namun tidak ada satupun yang mampu menggoyahkannya.

“Selama kita bernegara tetap berpegang teguh pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika maka Indonesia akan baik-baik saja,” tambahnya.

Ia berharap kepada para peserta yang didominasi kaum ibu tersebut untuk tidak terpecah akibat hoaks dan ujaran kebencian.

“Ibu-ibu kerap jadi sasaran utama dalam penyebaran hoaks. Bahkan ketika pilpres lalu banyak kaum ibu yang terjerat kasus hukum akibat hoaks. Jadi setelah kegiatan ini saya minta agar ibu-ibu memilih informasi dan jangan mudah terprovokasi,” tukasnya.

Untuk diketahui, Sosialisasi Empat Pilar merupakan program MPR RI dimana dasar hukum pelaksanaannya UU Nomor 13 tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Peraturan DPR RI Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here