Program Ketahanan Pangan Sekolah di Ciledug Mulai Digenjot

Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang terus melakukan upaya penguatan program ketahanan pangan di lingkungan sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin bersama jajaran pejabat Dindik meninjau secara langsung program ketahanan pangan di SDN Sudimara 3 Kecamatan Ciledug.

Ia mengapresiasi kesiapan SDN Sudimara 3 yang sudah siap memanen hasil tanaman dan juga ikan lele yang dibudidayakan menggunakan media ember atau tong plastik.

“Jadi kalo sudah panen bisa dijual atau dibagikan kepada guru serta warga sekitar sekolah,” ungkapnya, Rabu (23/9/2020).

Sementara Suminta selaku Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Ciledug menjelaskan, saat ini pihaknya mulai melakukan kunjungan door to door ke setiap sekolah di wilayahnya untuk menyukseskan program tersebut.

“Jadi alhamdulillah ini sudah berjalan di Sudimara 3, semoga sekolah-sekolah yang lain dapat mengikuti,” ungkapnya.

Ia menilai, program yang menitik beratkan pada pembudidayaan tanaman produktif serta pembudidayaan hewani seperti ikan nila dan lele bertujuan untuk menguatkan perekonomian warga yang terdampak Covid – 19.

“Mudah-mudahan selain guru dan murid, warga sekitar juga dapat merasakan manfaat dari program ketahanan pangan ini,” singkatnya.

Hasidin Rukmana Kepala SDN Sudimara 3 mengaku pihaknya sudah menggulirkan program ini sejak dua bulan lalu. Ia mengaku rajin melihat aktivitas Walikota yang kerap meminta warganya untuk memanfaatkan lahan yang kurang produktif menjadi lahan ketahanan pangan.

“Jadi alhamdulillah ketika bapak Plt Kepala Dinas kesini, kami sudah siap panen. Bahkan lele yang berada dalam tong besar itu sudah memilili ukuran yang cukup besar,” paparnya.

Ia menambahkan, dalam menjalankan program ketahanan pangan di sekolah, ia melibatkan para penghuni sekolah. “Artinya agar semua saling memiliki rasa memiliki, jadi jika tanaman terlihat layu dia bisa langsung sigap menyirami tanaman tersebut,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here