Dukungan Masyarakat Nias di Pulau Jawa Untuk Pasangan Elmar di Nias Barat

Tangerang – Ratusan masyarakat asal Kepulauan Nias yang merantau di Pulau Jawa berdeklarasi mendukung pasangan Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua (Elmar) untuk terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat dalam Pilkada 2020.

Deklarasi dukungan untuk pasangan calon nomor urut dua (02) di Pilkada Kabupaten Nias Barat tersebut berlangsung di Mangkubumi Hall Hotel Narita, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu (8/11/2020). Bahkan juga disiarkan secara virtual melalui akun media sosial para tim pemenangan.

Tokoh masyarakat Nias, Marinus Gea yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan mengatakan, deklarasi ini sebagai bentuk dukungan masyarakat Nias yang merantau di Pulau Jawa untuk memberikan untuk memenangkan Elmar yang diusung PDI Perjuangan, Gerindra, Nasdem, Golkar, Demokrat, PKB.

“Jadi, kalau anak-anak rantau kita di sini merupakan remote control untuk keluarga-keluarga yang ada di Nias Barat. Sehingga ini sangat efektif dalam strategi pemenangan Pilkada,” ujarnya.

Meskipun tidak memiliki hak suara, kata Marinus, masyarakat perantau Nias dapat memberikan pengaruh dalam pemenangan Elmar karena bisa memberikan rekomendasi pilihan kepada keluarga mereka di Kabupaten Nias Barat.

“Di Nias ikatan kekeluargaan sangat kental sekali karena kekerabatan yang tidak bsa dipisahkan, umumnya bahwa kita yang ada di perantauan didengarkan oleh keluarga kita yang ada di sana,” kata Bendahara PDI Perjuangan Provinsi Banten itu.

Sementara ketua panitia doa dan dukungan untuk Elmar se-Jawa di Tangerang, Haeli Hia menambahkan, acara deklarasi ini juga digelar secara daring untuk mentaati kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Acara deklarasi sangat antusias, sehingga kami buka secara live streaming agar perantau lainnya bisa menyaksikan tanpa harus datang,” ucapnya.

Haeli Hia menyebut para perantau Nias sangat rindu dengan kemajuan dari berbagai aspek di kampung halamannya terutama di Kabupaten Nias Barat. Sehingga, Kabupaten Nias Barat harus dipimpin oleh kepala daerah yang menginginkan perubahan yang lebih baik.

“Makanya kita doa sungguh-sungguh dan kemudian kita pulang memberikan dukungan agar masyarakat tidak salah pilih,” pungkasnya. (nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here