Sekolah di Kota Tangerang Wajib Penuhi Daftar Periksa dari Kemendikbud

Tangerang – Dinas Pendidikan Kota Tangerang meminta kepada pihak pengelola sekolah untuk memenuhi daftar periksa yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Totong Suwarto selaku Kepala Bidang Pembinaan SD mengatakan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, sekolah harus memenuhi beberapa daftar periksa.

“Jadi ini sudah keputusan final, nanti kami akan melibatkan beberapa OPD seperti Satpol PP dan BPBD untuk melakukan pengawasan dan pengecekan,” tuturnya, Kamis (26/11/2020).

Totong menjelaskan, beberapa daftar periksa yang harus dipenuhi oleh sekolah supaya bisa melakukan pembelajaran tatap muka antara lain.

1. Ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan, seperti toilet bersih dan layak, adanya sarana cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, dan disinfektan.

2. Mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan.

3. Kesiapan menerapkan wajib masker.

4. Memiliki thermogun.

5. Memiliki pemetaan warga satuan pendidikan yang memiliki komorbid tidak terkontrol, tidak memiliki akses terhadap transportasi yang aman, hingga memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat risiko Covid-19 yang tinggi atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri.

6. Mendapatkan pesertujuan komite sekolah atau perwakilan orangtua atau wali.

Bahkan, ia memberikan keleluasaan kepada kepala sekolah dengan dapat menggunakan dana BOS untuk keperluan penanggulangan dan pencegahan COVID 19 di sekolah.

“Jadi sejak tahun anggaran 2020 sudah kita berikan keleluasaan, apakah untuk melakukan penyemprotan disinfektan, pembelian handsanitizer atau keperluan lain,” tukasnya. (Panji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here