Saung Banksasuci Bakal Ditata Ulang Tahun Depan

Tangerang – Keberadaan area ketahananan pangan dan wahana edukasi saung Banksasuci diprediksi pada tahun 2021 mendatang bakal terdampak dari proyek Dinas PUPR Kota Tangerang.

Dinas terkait dan BPN telah melakukan sosialisasi dan pengukuran tanah di Banksasuci dan memutusakan awal penataan lokasi akan dilaksanakan pada Bulan Maret 2021.

“Jadwalnya sekitar Januari, Februari kita harus kosong dulu dirapihkan dan Maret itu pelaksanaannya, karna akan ada alat-alat berat jadi gk mungkin kita buka,” jelas Ade Yunus Direktur Banksasuci Foundation, Sabtu (19/12/2020).

Pihak Banksasuci mendukung program pemerintah ini, terlebih lahan kawasan Banksasuci Merupakan lahan milik pemerintah Kota Tangerang.

Namun pihak Banksasuci sendiri mengusulkan agar penataannya menggunakan metode Natural Dike atau peninggian lahan dikawasan Banksasuci.

“Kita juga belum mendapat kepastian terkait usulan kita tentang Natural Dike. Kenapa Natural Dike, karna kalau bentuknya Sheet Pile biota air sungai cisadanenya akan berkurang”.

“Kalau Natural Dike kan pakai batu-batuan, ikan-ikan itu masih bisa masuk dan main-main di lubang-lubang batu itu. Banksasuci kan wilayah konservasi, kalau pakai Sheet Pile bukan wilayah konservasi lagi namanya,” tambahnya saat di wawancarai.

Usulan penataan memakai Natural Dike juga menurut Ade Yunus semata-mata agar kegiatan-kegiatan di Banksasuci masih bisa berlangsung tanpa mengganggu aktivitas pengerjaan proyek.

Beberapa pengunjung juga sangat menyayangkan bila nantinya Banksasuci akan ditutup total bagi umum.

“Kalau bisa sih jangan ditutup lah yah, karna kan ini tempatnya udah lumayan bagus dan pengunjungnya udah lumayan rame jadi kalo bisa sih jangan sampe ditutup lah yah,” tutur Iyas selaku pengunjung Banksasuci. (Aldy/Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here