Peringanti HPSN, Warga Ranca Iyuh Bersih – Bersih Lingkungan

Tangerang – Puluhan warga Desa Ranca Iyuh Kecamatan Panongan menggelar kegiatan bersih-bersih lingkungan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari setiap tahunnya.

Kegiatan yang juga diikuti jajaran Pemerintah Desa Ranca Iyuh, Babinsa, Binamas, Karang Taruna dan sejumlah tokoh masyarakat menyisir jalan utama desa yang berada di wilayah selatan.

Kepala Desa Ranca Iyuh, Suherman mengatakan, pihaknya berharap agar seluruh warga Desa Ranca Iyuh dapat melakukan kegiatan yang sama di wilayahnya masing-masing.

“Jadi tujuan terbentuknya Ranca Iyuh yang sehat dan mandiri dapat terwujud jika seluruh masyarakatnya mau bersama-sama membangun wilayah, salah satunya peduli dengan kebersihan serta lingkungan,” terangnya, Minggu (21/2/2021) disela kegiatan HPSN di Desa Ranca Iyuh.

Hal senada juga disampaikan Eddy Suhedy selaku ketua Karang Taruna Desa Ranca Iyuh ia menuturkan, kegiatan seperti ini penting untuk dilaksanakan. Tujuannya agar terbangunnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.

“Lingkungan yang kotor merupakan sumber datangnya berbagai penyakit dan virus. Jadi kebersihan lingkungan penting untuk kehidupan sehari-hari kita,” jelasnya.

Diki Yana selaku pemerhati lingkungan dan warga Desa Ranca Iyuh mengatakan, untuk saat ini di desanya belum memiliki tempat pengolahan sampah terpadu.

Pasalnya, keberadaan tempat pengolahan sampah sangat penting adanya. Hal tersebut sesuai dengan tema petingatan HPSN 2021 tentang sampah bahan baku ekonomi di masa pandemi.

“Artinya sampah yang dihasilkan dari limbah masyarakat dan industri tidak semua bersifat limbah. Tetapi masih ada yang bernilai ekonomis,” tukas pemuda lulusan Unis Tangerang itu. (Nji)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here